Tahun baru 2011


Sudah menjadi suatu hal yang umum bagi kita untuk mencoba merenung di akhir tahun dan membuat resolusi-resolusi untuk tahun berikutnya.

Bila di tahun 2010 lalu saya mengajak untuk lebih banyak “Berbuat” daripada “Berharap”,maka menyambut tahun 2011 ini saya ingin mengajak untuk lebih banyak “bersyukur”; menghargai apa yang kita miliki dan sebanyak apa yang telah kita lakukan.

Seringkali bersyukur diidentikkan dengan sikap nerimo, pasrah terhadap kondisi yang kita alami, lalu dijadikan alasan bagi mereka yang tidak mau berusaha. Sering kita mendengar kalimat, “Sudahlah… ngga perlu repot-repot. Syukuri aja apa yang sudah ada…“. Menurut saya persepsi seperti ini sedikit keliru. Seharusnya bersyukur dijadikan sebagai sebuah landasan untuk sikap mental kita dan dapat memotivasi kita untuk berbuat yang lebih baik dan lebih baik lagi. Manusia tidak ada yang sempurna. Dokter, Polisi, Jaksa, Hakim, bahkan Presiden bukanlah manusia setengah dewa. Mereka penuh ketidaksempurnaan. Karena itu selalu ada celah untuk memperbaiki diri bagi mereka yang mau berusaha.

Pernahkah kita merenungkan bahwa betapa beruntungnya kita karena masih dapat berkata-kata, sedangkan di sisi lain ada orang yang untuk mengucapkan “Terima kasih” saja tidak bisa? Seberapa sering kita menggunakan perkataan kita ini untuk berkata-kata yang tidak baik? Bahkan sampai menyakiti orang lain.

Pernahkah kita merenungkan bahwa betapa beruntungnya kita karena masih dapat mendengar, sedangkan di sisi lain ada orang yang tidak bisa mendengarkan suara orang-orang yang dicintainya? Seberapa sering kita menggunakan pendengaran kita untuk mencari tahu gosip-gosip yang tidak jelas juntrungannya? Tidakkah mendengaran tutur-tutur kejernihan akan jauh lebih bermanfaat?

Kita bukanlah manusia yang sempurna.
Namun selalu ada celah untuk memperbaiki diri bagi mereka yang mau berusaha…

2 komentar:

iem mengatakan...

betul2..
sama2 la kita berusaha untuk mnjadi lebih baek dan menerima takdir Allah dengan hati y iklas :)

Unknown mengatakan...

@ieMa ackLesBetul...betul..betul.. heheheheee ...

Posting Komentar

 
Blogger Theme by [./Ugd-Cyber]
Creadits M4nusi4 Bi4s4 Te4m


[close]